Perbedaan Jaringan Koneksi GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSPA dan HSPA+

Perbedaan Jaringan

Perbedaan Jaringan Koneksi GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSPA dan HSPA+ – Untuk anda yang sering melakukan aktivitas browsing di internet pasti sudah tak asing lagi dengan kata GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+, namun apakah perbedaan dari GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+  ?

Secara luas GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+  adalah  bandwith koneksi yang digunakan operator telekomunikasi jaringan untuk memberi akses internet  pada pengguna smartphone dan perangkat yang berbasis  wireless.

Pada perkembangannya teknologi jaringan GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ adalah jenis perkembangan kecepatan jaringan dalam mengakses internet .
Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan lebih lanjut mengenai GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ yaitu sebagai berikut .

Perbedaan Jaringan Koneksi GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSPA dan HSPA+

 1. GSM

Global System for Mobile Communications atau di singkat GSM adalah jenis teknologi jaringan yang dapat  memungkinkan pengiriman serta penerimaan data yang mampu mencapai kecepatan askes 9.6 kbit . /s sehingga pengguna jaringan ini dapat mengakses internet, pesan suara, SMS dll . Pada awal peluncuran hingga saat ini teknologi jaringan GSM kini telah tersebar di 218 negara di dunia ini.

 2. GPRS

selanjutnya adalah General Packet Radio Service atau yang kita kenal dngan GPRS adalah teknologi jaringan yang merupakan perkembangan dari GSM, kelebihan dari teknologi jaringan ini adalah GPRS sudah mampu melakukan pengiriman dan penerimaan data dengan kecepatan akses mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses send and recive e-mail, mms (pesan gambar) Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).

3.   EDGE

Enhanced Data rates for GSM Evolution (2.75G) merupakan evolsi dari teknlogi jarngan GSM serta IS-136. Jika teknologi pendahulunya GPRS mampu memberikan kecepatan akses  56 kbps sampai 115 kbps maka teknologi jaringan EDGE mampu memberikan kecepatan akses jaringan dengan kecepatan  473,6 kbps yang berarti EDGE 3 kali lebih cepat dari GPRS.

4.  3G

Third Generation Technology atau W-CDMA/UMTS adalah generasi selanjutnya dari perkembangan teknologi jaringan . Berdasarkan teori, teknologi jaringan 3G memiliki kemampuan satu tingkat lebih tinggi dari EDGE. Jika jaringan EDGE  mampu menawarkan  browsing, mms, dan e-mail  maka 3G dapat menawarkan hal serupa tetapi di tambah dengan kemampuan  mengakses video streaming.  Kecepatan akses  jaringan  3G mampu menjangkau hingga 480kbps dan diperkirakan akan terus berkembang hingga 10Mbps.

5.  HSDPA

High-Speed Downlink Packet Access merupakan lanjutan perkembangan dari 3G HSDPA atau biasa kita sebut dengan 3.5 G. Karena HSDPA berjalan pada platfrom 3G.  Dengan kecepatan 9 kali leih cepat dibanding pendahulunya 3G, jaringan HSDPA  mampu memberikan layanan  yang lebih seperti suara, video, internet dengan akses hingga mencapai 3.6 Mbps. Walaupun kelebihan  yang di berikan tidak berbeda jauh dengan jaringan 3G namun jaringan HSDPA mampu menyuguhkan kualitas gambar yang lebih tajam dan berkualitas tinggi di bandingkan dengan jaringan 3G.

6. HSPA +

High-Speed Packet Access adalah jenis pengembangan teknologi jaringan yang memiliki akses downlink dan uplink dengan kecepatan tinggi .  HSPA+ sendiri merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama yang release 99 (R99). Sehingga HSPA+ mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandng jaringan lainnya. Jaringan yang berjalan pada frekuensi 1900 MHz dan 2100 MHz mempu memberikan akses internet dengan kecepatan 42 Mbit/s untuk downlink dan 11 Mbit/s untuk uplink.

Sebenarnya masih ada lagi tingkatan jaringan koneksi internet setelah HSPA+ yang sedang booming dan banyak dibicarakan saat ini. Ya, jaringan 4G LTE. Jaringan ini merupakan jaringan yang paling cepat di masa ini.

Untuk jaringan 4G LTE akan saya buatkan artikel khusus karena membutuhkan banyak penjelasan tentang jaringan tercepat di muka bumi ini. Untuk itu pantengin terus situs androbee 🙂