Sejarah Android Dan Perkembangannya

Sejarah android

Sejarah Android – Di tahun 2015 ini, siapa sih yang tidak kenal atau bahkan tidak tau sama sekali dengan ANDROID? atau mungkin saja anda sedang menggunakan android dan memegangnya untuk browsing Sejarah Android ini.

Android adalah sebuah sistem oprasi (OS) yang tertanam di sebuah perangkat smartphone. Sistem Oprasi merupakan sebuah perangkat lunak atau softwer yang memiliki tugas untuk mengatur perangkat keras dan oprasi-oprasi dasar sistem termasuk menjalankan aplikasi-aplikasi didalamnya.

Secara kasarnya, Android ini merupakan bapaknya dari semua aplikasi android yang terinstal di sebuah perangkat (smart phone).

Baca Disini : Apa Itu Android

Anda sudah mengenal Android, akan tetapi kurang pas rasanya kalau belum tahu bagaimana Sejarah Terciptanya OS Android sehingga sangat populer sampai sekarang ini.

Sejarah Android

Masuk ke sejarah android, mari kita cari tahu dulu siapa penemu si robot hijau  ini

Penemu Android

Ayo tebak siapa coba yang menemukan android? dan mengapa android bisa ditemukan? tentunya Android bukan ditemukan di pasar, ataupun ditemukan lagi ngamen di perempatan jalan 😀 .
Sejarah Android Dan Perkembangannya

Penemu android adalah Andy Rubin yang selanjutnya disebut sebagai Bapak Android (Bukan bapaknya android yaa … 😀 ) Andy Rubin dan kawan-kawan menciptakan android di tahun 2004. Alasan ia menciptakan android adalah untuk membuat sebuah OS yang OpenSource sehingga pengembang aplikasi pihak ketiga lainnya dapat berkontribusi dalam OS tersebut.

Pada Awalnya, Andy rubin membuat OS android hanya dikhususkan untuk penanaman di kamera digital, namun karena melihat pangsa pasar kamera digital saat itu tidak terlalu ramai maka andy merubah android menjadi sebuah OS untuk smartphones untuk mengimbangi pangsa pasar yang saat itu didominansi oleh symbian dan windows phone.

Setahun setelah itu, pendiri google Larry Page, mendatangi andy dan berniat untuk mengakuisisi android sebagai anak perusahaan google dengan harga sekitar USD 50 juta. Tentunya andy sangat terkejut dan berkata “Apakah ini (Android) menarik bagi google?”

Android Di Tangan Google

Banyak yang kebingungan dengan keputusan Lary Page mengakuisiskan Android sebagai anak perusahaan google, terutama para rivalnya yakni nokia dan microsoft. Banyak yang berpendapat bahwa google akan meluncurkan sebuah smartphone buatan sendiri dengan OS android tersebut, namun pendapat itu salah besar.

Pada Novenber 2007, google mengadakan konferensi pers dan menyatakan bahwa mereka tidak akan meluncurkan smartphone khusus berbasis android, melainkan mereka mengumumkan terbentuknya Open Handset Alliance (mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler) yang didirikan bersama 34 perusahaan lainnya untuk mengembangkan OS Open Source.
Seminggu kemudian google meluncurkan softwere developer kit android gratis di website resminya. Mereka juga mengadakan sebuah perlombaan untuk pembuatan aplikasi terbaik di OS barunya. Kemudian setelah itu, niatan google akhirnya terhendus bahwa google akan merilis OS yang akan digunakan oleh banyak vendor.
Para pesaing dan rival google seperti microsoft dan nokia tidak terlalu menganggap bahwa itu adalah masalah serius. Dan kemudian pada akhirnya beberapa vendor mulai mengumumkan diri untuk memproduksi handset Android mulai dari HTC, Motorola, LG, Samsung dan para produktor handset kenamaan lainnya.
Misi Google adalah semakin banyak pengguna android di dunia maka semakin banyak pula yang mengakses google lewat berbagai aplikasi wajib di android seperti google street view, Gmail, google penelusuran dan yang lainnya sehingga iklan via mobile lah yang menjadi penghasilan utama dari Google dalam mengadopsi Android.

Perkembangan Android

Sejarah Android Dan Perkembangannya

Sejarah android sudah panjang lebar diceritakan, sekarang giliran perkembangan androidnya. Kita akan membahas sampai ke versi-versi android yang dirilis dari awal sampai versi yang terupdate.

Setelah google mulai menggandeng android dan sudah banyak vendor yang ingin memakai Android sebagai OS untuk smartphones  mereka, tibalah tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2008, dirilis sebuah handphone mobile pertama yang berOSkan android bernama HTC Dream. Semenjak perilisan tersebut, semakin banyak vendor lain yang ingin merilis ponsel dengan platform Android.

Versi-Versi Android

Karena semakin diminati oleh para vendor, dan semakin banyaknya penggunaan Android di masa itu. Maka Google selalu mengupdate versi-versi androidnya dan semakin menyempurnakannya. Penamaannya juga cukup unik, mereka memberikan nama setiap versi androidnya dengan nama-nama makanan. Apa saja ya?

Android Versi 1.0 (Beta)

Dengan memasukkan berbagai fitur seperti Android Market, Web Browser, Gmail, Maps dan yang lainnya versi beta akhirnya dirilis pada tanggal 5 november 2007. Kemudian dirilislah versi komersialnya pada tanggal 23 september 2008 dengan vitur-vitur tersebut.

Android Versi 1.1

Semakin disempurnakan, google kemudian mengupdate Android ke versi 1.1. Tepatnya pada tanggal 9 maret 2009 dengan menambahkan berbagai fitus seperti Google Mail Service (GMS), Alarm Clock, Voice Search, hingga file attachment pada pesan.

Android Versi 1.5 (cupcake)

Dimulai dari versi ini, google mulai menamai versi androidnya dengan berbagai nama makanan. (mungkin semua sedang lapar, tapi androidnya jangan dimakan ya ~o) ).
Android Cupckae ini memiliki mulai memiliki kemampuan yang mumpuni, berbagai fitur canggih mulai ditambahkan seperti kemampuan untuk mengupload video ke youtube, integrasi home screen dan wiget, copy paste dan masih banyak lagi. Android versi Cupcake ini resmi diluncurkan pada tanggal 30 april 2009 jarak rilis yang sangat singkat dengan versi sebelumnya.

Android Versi 1.6 (Donut)

Setelah Cupcake, android versi selanjutnya dinamai dengan Donute. Dirilis pada tanggal 15 September 2009, versi ini dibekali dengan berbagai vitur mulai dari integrasi kamera, video dan galeri, perbaikan tampilan Google Play (aplikasi android market, tempat dipajangnya berbagai aplikasi android dari google maupun dari pihak ketiga) dan juga mendukung resolusi WVGA pada layar.

Android Versi 2.2-2.3. (Froyo : Frozen Yoghurt)

Versi terbarunya mulai dirilis pada tanggal 20 Mei 2010, dengan ditambahkan berbagai fitur utama seperti Adobe flash player, hotspot portable serta HD video.

Android Versi 2.3-2.3.7 (Gingerbread)

Mulai dari versi Gingerbread ini, pangsa pasar android semakin meluas. Dirilis pada tanggal 6 desember 2010 fitur ini dibekali dengan perbaikan antarmuka hemat energy, keyboard virtual, support NFC dan peningkatan fasilitas Copy Paste di Android.

Android Versi 3.0-3.2 (Honeycomb)

Semakin berkembang, android mulai merajah pengguna tablet. Dengan kelebihan antarmuka (interface) yang Userfrindly, vitur multi tasking dan berbagai vitur lainnya yang menyesuaikan dengan fitur komputer tablet yang lainnya.

Android Versi 4.0 (Ice Cream Sandwitch)

Diluncurkan pada tanggal 19 oktober 2011, android versi 4.0 dirilis dengan fitur-fitur mumpuni yakni fitur membuka kunci dengan pengenalan dan pendeteksi wajah (Face Unlock), perbaikan input teks dan yang lainnya.

Android Versi 4.1-4.3 (Jelly Bean)

Di tahun selanjutnya, dirilis updetan ICS dengan nama Jelly Bean yang diluncurkan pada tanggal 9 Juli 2012. Terdapat fitur-fitur tambahan yang di masukkan ke dalamnya  yakni fitur Google Now, user interface, lock screen widget, dan bluetooth smart ready.

Android Versi 4.4 (Kitkat)

Pada tanggal 31 Oktober 2013 mulai deperkenalkan versi android terbaru dengan nama Android Kitkat. Penambahan dan penyempurnaan dapat dilihat dari antarmuka atau interface yang lebih canggih, fitur screen recording, support wireless printing, peningkatan fitur keamanan dan performa.

Android Versi 5.0 (Lollipop)

Update versei sebelumnya dengan nama Android Lollipop. Google mulai lebih menekankan update dari fitur interface dengan interface yang lebih berwarna, material design dan lebih responsife. Updetan lainnya juga nampak pada lockscreen dan fitur notifikasi. Google juga membuat android Lollipop ini lebih hemat baterai.
Sampai sejauh ini, google belum mengumumkan update terbaru OS androidnya ke versi selanjutnya. Android Versi Lollipop menjadi android versi terupdate saat ini. Namun tidak dimungkinkan untuk Google mengupdate terus sistem operasi androidnya ini.
Menurut pengamatan, penamaan android dari versi ke versi selalu menggunakan nama-nama makanan yang lezat. Mungkin anda orang indonesia ingin berkontribusi langsung dengan memberikan usulan nama ke google untuk updatan terbarunya nanti. Contohnya nih ya Android Sate Lamongan atau mungkin Android Cendol, Android Nasi Padang juga boleh kayaknya =))
Itulah ulasan tentang Sejarah Android Dan Perkembangannya. Yuk bantu share ke teman-teman kalian dengan mengklik tombol share di bawah ini. Gratis LOoh … (y)