Spesifikasi, Review Dan Harga Sony Xperia Z5 Premium Dual

SONY XPERIA Z5 PREMIUM DUAL

Sony Xperia Z5 Premium Dual – Sony merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Baru-baru ini, tepatnya di bulan september 2015, sony resmi merilis smartphone terbaru mereka dengan nama Sony Xperia Z5 Premium. Dimana terdapat 2 versi berbeda dalam peluncurannya yakni Z5 premium single SIM card dan Dual SIM card.

Nah, kali ini, androbee akan mencoba mereview Smartphone ini melalui spesifikasi yang telah ada. Dari info yang didapat, bahwasanya smartphone besutan Sony ini, akan mampu bersaing dengan smartphone keluaran Samsung yaitu Samsung Galaxy S6.

Review Sony Xperia Z5 Premium Dual

Mulai Dari Jaringan

Sony Xperia Z5 Premium Dual merupakan smartphone yang peruntukan untuk golongan menengah keatas. Jadi sudah bisa ditebak jaringan apa saja yang ada di dalam Smartphone ini. Yaps, benar sekali, jaringan teknologi terbaru yakni jaringan 4G LTE yang memang merupakan koneksi tercepat di dunia saat ini. Selain itu pastinya juga terdapat jaringan GSM dan HSPA sesuai dengan kebutuhan data seluler kita nanti.

Tampilan Sony Xperia Z5 Premium Dual

Layar dari smartphone Sony Xperia Z5 Premium Dual ini bertipe IPS LCD capacitive touchscreen yang mana sudah banyak smartphone yang telah menggunakannya seperti Oppo A53, Lenovo A6000, LG G Vista 2 dan yang lainnya. Ukuran yang diberikan adalah sebesar 5.5 inchi, cukup enak untuk kita menggenggamnya dengan satu tangan. Smartphone yang memiliki dimensi 154.4 x 75.8 x 7.8 mm cukup ringan dengan berat hanya 180 gram dan ketebalan hanyak 7.8 milimeter.

Dalam menonton video atau film High Display (HD) anda tidak perlu kahwatir menggunakan Smartphone Sony Xperia Z5 Premium ini, karena resolusi layarnya mencapai 2160 x 3840 pixels jadi bukan hanya yang HD saja, bahkan bisa menonton dengan jelas versi UHD atau 4Knya. Woow it’s amazing.

Untuk proteksi, Sony memberikan proteksi smartphonenya dengan Scratch-resistant glass. sama gak kaya corning gorila glass? ya jelas berbeda lah, dari nama saja sudah berbeda. Pada intinya dan secara singkatnya letak perbedaan keduanya berada pada posisinya saja, dimana gorila glass itu berada di dalam layar itu sendiri sedangkan Scratch-resistant glass itu berada di lapisan luar dari layar. Tapi kalau masalah mana yang lebih kuat, saya tidak bisa menjamin secara konkret.

Software Dan Kinerja Sony Xperia Z5 Premium Dual

Pertama yang kita bahas adalah Sistem Operasi (OS) dari smartphone ini, diaman Sony Xperia Z5 Premium Dual mengusung OS android versi 5.1 Lollipop. Namun tenang, anda juga bisa mengupgradenya ke versi teranyar android yakni versi 6.0 Marhmallow.

Untuk chipset, sony mempercayakan Qualcomm versi Snapdragon 810 sebagai andalannya. Memang dengan chipset Qualcomm ini, sensasi bermain game lebih terasa sehingga cocok untuk anda para pecinta game yang berresolusi HD. Selain itu, Qualcomm ini sudah terbukti kehandalannya sehingga banyak juga smrtphone yang menggunakan chipset ini dalam spesifikasinya seperti Samsung Galaxu J5.

Prosesor atau CPU dari snapdragon 810 ini memiliki 8 buah prosesor (Quadcore) yang terbagi menjadi Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2 GHz Cortex-A57. Dan untuk pengolahan tampilan gambar di layar (GPU) diberikan Andreno 430 yang memang sudah satu paket dengan chipset dan prosesor smartphone Sony Xperia Z5 Premium Dual ini.

Kemudian kita beralih ke memory RAM, Sony memberikan memori RAM dengan kapasitas sebesar 3GB. Selain itu memori internal yang diberikan sebesar 32 GB, jika anda mengisinya dengan full film titanic bluray 1080p, maka anda dapat mengisi 15 buah film titanic. hanya segitu ya? hmm masih kurang? Sony Xperia Z5 Premium Dual dapat di masukkan memori card dengan kapasitas sampai 200GB dari slot memori microSD.

Secara keseluruhan, kinerja dari smartphone ini memang menakjubkan, dari sisi Gaming kita dapat merasakan sensai game yang sebenarnya dengan resoluri 4K. Ditambah dapur pacu dari Qualcomm Snapdragon 810 dengan oktacore prosesor dan bantuan RAM sebesar 3GB.

Kamera Dan Fitur Lainnya

Kamera menjadi fitur paling penting pada smartphone, dengan kamera kita bisa terkenal dan menjadi jutawan. Tidak percaya? coba deh googling aja dulu biar gak OOT saya bahas disini hehe. Kembali ke topik, kamera pada smarphone sangat dipertimbangkan dengan baik oleh orang-orang khususnya kaum wanita.

Oleh karena itu, Sony Xperia Z5 Premium Dual memberika resolusi kamera depan sebesar 23MP. Woow fantastis bukan. Sebagai perbandingan, kamera Canon EOS 650D terbaru memiliki resolusi layar sebesar 18MP saja. Untuk kamera belakang (sekunder) diberikan resolusi sebesar 5.1MP namun dengan penangkapan HD.

Untuk gambar bergerak atau video, smartphone ini dapat menangkap beragam frame dalam berbagai resolusi yang dapat kita atur sendiri yakni 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR. Untuk beberapa fitur kamera lainnya hampir sama dengan kamera smartphone pada umumnya. Namun yang menjadi menarik adalah ukuran sensor dari kamera Sony Xperia Z5 Premium Dual ini adalah 1/2.3 inchi. Dimana ukuran ini setara dengan kamera poket dengan tingkat spesifikasi tertinggi.

Untuk fitur-fitur lainnya, hampir semua fitur yang dimiliki smartphone lain ada disini. Yang menjadi menarik adalah fitur Fingerprint yang memungkinkan perangkat untuk menScan sidik jari kita yang nantinya bisa digunakan untuk meng-unlock perangkat. Fitur ini juga tersedia di perangkat apple iphone seri 5S.

Yang terakhir yang perlu dibahas dalam riview ini adalah kapasitas baterai, dimana Sony Xperia Z5 Premium Dual memiliki kapasitas baterai sebesar 3430 mAh dengan tipe baterai fisik Non-removable. Pengisian baterai juga relative sangat cepat, Sony mengklaim bahwa perangkatnya dapat merecharge perangkat 60% hanya dalam waktu 30 menit dengan Quick Charge 2.0.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, smartphone Sony Xperia Z5 Premium Dual ini memang memiliki spesifikasi yang luar biasa. Mulai dari jaringa, body, kinerja hingga kamera. Smartphone ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan gaming android. Namun mungkin Sony akan mematok harga yang cukup tinggi untuk smartphonenya ini.