Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot

Mempercepat kinerja androi

Cara Mempercepat Kinerja Android – Android digadang-gadang sebagai smartphone yang canggih yang telah menguasai sebagian besar pangsa pasar di seluruh dunia.

Namun seberapapun canggihnya Android, pasti saja masih memiliki beberapa kekurangan yang belum dapat tertutupi oleh sang pengembangnya. Baca disini Kelebihan Dan Kekurangan Android.

Salah satu kekurangan yang sangat menonjol dan masih menjadi permasalahan saat ini oleh para pengguna smartphone android adalah kinerja android yang sering lemot. Padahal masalah ini adalah masalah yang serius yang harus menjadi PR bagi para pengembang sistem operasi Android.

Lalu bagaimana mengatasi permasalahan tersebut? mulailah kita bicara tentang bagaimana cara mempercepat kinerja android yang lemot yang akan kita bahas di artikel saya kali ini.

Cara Mempercepat Kinerja Android

Seperti halnya di pelajaran bahasa indonesia tentang hukum Sebab-Akibat. Disetiap ada sebuah permasalahan pasti akan ada SEBAB yang memunculkan AKIBAT itu sendiri B-)
Begitu juga dengan Kinerja Android. Apa penyebabnya sampai Android anda itu lemot sehingga menyebabkan berkurangnya kinerja android anda?
Jadi ada harus mengetahui mengapa android anda itu bisa lemot baru bisa mengetahui cara mempercepat kinerja android. Dan pembahasan tersebut telah saya rangkum dalam sebuah artikel yakni

Baca Dulu : Penyebab Android Lemot

Oke saya anggap anda telah membaca keseluruhan artikel di link di atas tersebut. Mari kita mulai membahas bagaimana cara mempercepat kinerja android.

   1.   Uninstal Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

menghapus aplikasi di android
Seperti yang saya sebutkan di poin-poin penyebab android lemot di artikel saya sebelumnya, kelebihan aplikasi bisa memperlambat kinerja android anda. Terlalu seringnya mendownload aplikasi-aplikasi di palystore tanpa bisa memilah-milah aplikasi yang menjadi prioritas akan membuat banyaknya aplikasi yang kurang efektif.
Jadi intinya, instal aplikasi-aplikasi yang menjadi prioritas utama yang memang betul-betul membantu anda. Uninstal aplikasi-aplikasi yang dikiranya tidak terlalu dibutuhkan sehingga perangkat smartphones tidak terlalu berat menampung banyak aplikasi.

   2.   Jangan Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan

multitasking android
Kelebihan android salah satunya adalah dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan atau bahasa kerenya itu multitasking.
Namun kegiatan multitasking yang berlebihan juga akan memperlambat kinerja android anda. Karena ketika kita menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, RAM, CPU dan GPU android secara spontan berjalan bersamaan.
Sehingga bagi perangkat yang memiliki spesifikasi android yang relatif kecil maka perangkat tersebut akan mulai lemot atau melambat atau nglag.

   3.   Sering-sering Menghapus Aplikasi Yang Berjalan Di Background Perangkat

Hapus aplikasi background android
Aplikasi background itu artinya aplikasi penunjang yang tidak terlihat di interface dan berjalan di latar belakang. Prioritas aplikasi tersebut juga tidak terlalu tinggi sehingga dapat dihapus disela-sela perangkat yang mulai lemot.
Bagaimana caranya? caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih aplikasi background yang banyak tersedia di playstore. Selain itu ada beberapa perangkat yang telah menanam aplikasi tersebut di perangkat mereka.

   4.   Jangan Biarkan Memori Internal Penuh

memori penuh
Biasanya ketika sudah keasikan mendownload, anda tidak menyadari bahwa memori internal perangkat anda sudah penuh. Bagaimana menyiasati memori internal agar tidak cepat penuh? Caranya adalah sebagai berikut :
  • Gunakan memori exsternal
  • Pindahkan penyimpanan otomatis downloadan ke memori exsternal
  • Hapus cache perangkat di memori internal (menggunakan aplikasi)
  • Instal aplikasi di memori exsternal (harus root)

   5.   Kurangi Penggunaan Widget

widget yang berlebih di android
Dengan widget biasanya dapat mempercantik tampilan homescreen perangkat anda. Atau dengan widget kita bisa langsung menuju aplikasi prioritas kita hanya dengan mengkliknya di layar homescreen.
Namun penggunaan widget yang berlebihan dapat membuat perangkat anda lemot. Jadi intinya, pasang widget yang  memang betul-betul dapat membantu anda sehingga RAM tidak terlalu banyak terpakai hanya untuk widget saja maka perangkat anda akan jarang lemot.

   6.   Upgrade Versi Android Anda Ke Updetan Terbaru

update android
Google selalu mengupdate versi android besutannya untuk menutupi berbagai kekurangan dan keluhan yang dialami oleh pengguna android. Sampai saat ini, dikabarkan google telah mengupdate android ke versi 6.0 dengan nama marshmallow.
Biasanya, semakin update versi android, maka kinerja android semakin baik. Namun perlu diketahui, tidak semua perangkat bisa di upgrade ke versi android terbaru. Pasalnya perangkat android memiliki batasan-batasan hardwere yang tidak memungkinkan untuk mengupgradenya.
Itulah beberapa point Cara Ampuh Mempercapat Kinerja Android Yang Lemot. Cara-cara diatas memang agak ribet bila di praktekan. Namun ada cara cepat agar android anda bebas lemot. Apa itu? Ya Beli Yang Baru Dooong … =)) (kiding)
Jika artikel ini dirasa berguna, silahkan share ke teman-teman anda di berbagai jejaring media social dibawah ini ya. 😉