Kenapa HP Cepat Panas Padahal Jarang Sekali Digunakan

HP Cepat Panas – Smartphone memang memiliki segudang vitur-vitur canggih yang dapat digunakan untuk membantu segala aktifitas kita. Namun bagaimana jika smartphona yang kita gunakan sehari-hari itu sangat cepat panas, padahal jarang sekali digunakan.

Atau ketika kita membuka aplikasi, padahal hanya 1 aplikasi saja namun hp kita mengalami panas yang luar biasa. Panas yang terjadi biasanya berada di bagian belakang dari smartphone. Atau leboh tepatnya di bagian atas tepat di sekitaran kamera.

Memang jika dilihat secara fisik, smartphone merupakan komputer mini yang lengkap berisikan perangkat-perangkat CPU, RAM dan lain sebagainya yang menunjang berjalannya smartphone dan tidak ada salahnya jika mengeluarkan smartphone panas ketika sedang beroperasi.

Beda dengan komputer yang memiliki kipas sebagai pendingin CPU, smartphone tidak memiliki hardware tersebut karena berbenturan dengan design yang lebih tipis. Namun jika hp cepat panas walaupun jarang digunakan itu merupakan sebuah anomali yang perlu kalian ketahui penyebabnya.

Kenapa HP Cepat Panas Padahal Jarang Sekali Digunakan

Disini bang andro berikan 3 alasan umum kenapa HP cepat panas meskipun jarang digunakan. Untuk mengatasi smartphone cepat panas sehingga menjadi lemot, silahkan baca artikel Mengatasi Smartphone Lemot versi androbee.

Kenapa Hp cepat panas

1. Jaringan lemah

Jaringan merupakan salah satu faktor penting dalam pengoperasian handphone. Selain itu jaringan juga mempengaruhi kenapa hp cepat panas, terutama yang berbasis android. Karena bila jaringan yang kita miliki lemah, maka handphone akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal.

Jika handphone bekerja lebih keras, maka bisa menguras energi pada baterai. Sehingga handphone kita akan cepat panas. Hal ini sering terjadi pada kita yang berada di wilayah tertentu yang jaringan internetnya lemah. Misalnya di daerah pinggiran, hutan, dan lain sebagainya.

Ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Pertama matikan terlebih dahulu koneksi internet pada ponsel. Atau jika ingin lebih aman bisa diatur menjadi mode pesawat.

Cara kedua, pilihlah operator seluler yang memiliki jangkauan luas hingga ke daerah pelosok. Jadi kita tidak perlu khawatir koneksi kita lemah atau jaringan akan hilang. Nah dengan cara ini bisa mengatasi masalah kenapa hp cepat panas.

2. Aplikasi di latar belakang

Faktor kedua yang menyebabkan kenapa hp cepat panas adalah banyak aplikasi yang aktif di latar belakang. Jika kita memiliki smartphone yang cepat panas, maka kita harus mengecek aplikasi yang berjalan di latar belakang. Bisa saja jumlahnya ada banyak dan belum ditutup.

Misalnya saat kita sedang asyik browsing, kemudian tiba-tiba ada chat masuk. Maka kita sering membuka chat tersebut tanpa menutup browser terlebih dahulu. Atau bisa juga ditambah dengan membuka aplikasi lainnya.

Jika banyak aplikasi yang aktif di latar belakang, bisa menyebabkan handphone bekerja lebih keras dan daya baterai cepat habis. Sehingga inilah yang menyebabkan kenapa hp cepat panas.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kenapa hp cepat panas ini adalah dengan menutup aplikasi yang tidak terpakai. Kita juga harus tahu seberapa kuat handphone kita mampu menjalankan banyak aplikasi di latar belakang.

Bila kinerja handphone mulai melambat, maka kita perlu menghapus history sebelum digunakan kembali. Dengan cara ini suhu handphone tidak akan mudah naik.

3. Faktor lingkungan

Selain faktor internal, penyebab kenapa hp cepat panas adalah karena suhu di luar sedang naik. Terutama saat cuaca terik di siang hari. Selain itu misalnya saat kita bepergian keluar, tak hanya tubuh kita, suhu handphone juga ikut naik.

Bila suhu handphone naik akan berpengaruh pada daya baterai yang cepat habis. Handphone yang cepat panas juga bisa menjadi penyebab munculnya kasus handphone meledak atau mudah terbakar.

Untuk mengecek suhu dari smartphone, sebenarnya ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kita mengetahuinya sehingga ketika smartphone kita mulai mencapai titik yang terbilang suhu exstrem maka kita harus segera me-re-start smartphone kita. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dilihat di Aplikasi Pendingin CPU Terbaik.