aplikasi pendingin cpu android terbaik

Android Cepat Panas? Ini Aplikasi Pendingin CPU Android Terbaik

pendingin cpu android – Salah satu kelemahan yang mungkin dirasakan oleh para pengguna smartphone android adalah cepatnya smartphone menjadi panas terutama pada bagian belakang smartphone di dekat lensa kamera. Sebab disanalah CPU dari smartphone berada dan ketika CPU melakukan beberapa proses yang membutuhkan komputasi yang tinggi maka CPU akan menjadi cepat panas.

Namun di lain pihak ada juga yang mengatakan bahwa smartphone miliknya cepat panas padahal jarang digunakan atau tidak membuka aplikasi-aplikasi yang berat. Bagi yang mengalami hal itu kalian harus tahu Penyebab HP Cepat Panas meskipun jarang digunakan.

Namun untuk mengatasi smartphone yang cepat panas ada beberapa aplikasi pendingin CPU android yang dapat digunakan untuk mengontrol dan mengurangi panas yang dihasilkan oleh CPU android. Kinerja aplikasi-aplikasi ini rata-rata bekerja dengan menutup seluruh aplikasi dilatar belakang yang sudah tidak digunakan.

Sebab sistem operasi android mendukung adanya fitur multi tasking dimana kita dapat melakukan perpindahan aplikasi satu ke aplikasi lainnya dengan cepat tanpa harus menutup langsung aplikasi sebelumnya. Namun kelemahannya adalah, aplikasi yang tidak ditutup akan terus bekerja di latar belakang untuk menunggu tindakan selanjutnya.

Sehingga aplikasi tersebut tetap mamakan CPU dan RAM dan mengakibatkan CPU bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang dapat dirasakan.

21. aplikasi pendingin cpu android terbaik

Aplikasi Pendingin CPU Android Terbaik

Disini bang andro akan memberikan 5 buah aplikasi pendingin CPU terbaik yang dapat menjaga kinerja CPU menjadi lebih baik lagi.

  1. EaseUs coolphone

Aplikasi pendingin cpu android pertama yang bisa kita unduh adalah EaseUs coolphone. Ada beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini, yaitu tap to cool dan smart controller. Fitur tap to cool memiliki fungsi untuk menutup aplikasi di latar belakang yang masih aktif.

Bila aplikasi di latar belakang tertutup, maka pendinginan CPU akan lebih optimal. Kemudian untuk fitur smart controller memiliki fungsi dapat membuat daya baterai lebih hemat. Hal ini dilakukan dengan menutup semua aplikasi pada layar belakang saat ponsel terkunci dan mematikan koneksi WIFI.

  1. Coolify

Aplikasi pendingin cpu android yang satu ini bisa mengontrol aplikasi yang sedang berjalan. Jika ada banyak aplikasi berjalan, maka bisa menyebabkan CPU dan baterai cepat panas. Sehingga bisa menyebabkan daya baterai cepat habis.

Coolify dapat memberikan peringatan jika ada aplikasi yang menggunakan banyak daya.  Maka kita harus segera menutup aplikasi yang tidak terpakai tersebut. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, sebaiknya root terlebih dahulu ponsel kita.

  1. DU battery saver

DU battery saver merupakan salah satu aplikasi populer dan sudah banyak digunakan. Aplikasi ini memang lebih dikenal sebagai penghemat daya baterai ponsel android. Belum banyak yang mengetahui jika aplikasi ini bisa digunakan untuk pendingin cpu android.

DU battery saver memiliki fitur phone cooler pada menunya. Fungsi fitur ini sama seperti aplikasi coolify, yaitu bisa mengontrol aplikasi yang sedang berjalan. Namun DU battery saver bisa mendinginkan terlebih dahulu tanpa memberikan peringatan.

  1. Cooler master

Cooler master merupakan aplikasi pendingin cpu android yang tidak kalah dengan aplikasi sejenis. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup banyak seperti real time temperature monitoring, dynamic overheating app detection, one tap to cool down, serta overheating prevention. Fitur real time temperature monitoring akan memantau jalannya ponsel android tanpa henti. Fitur ini akan menampilkan grafik yang menunjukkan temperatur suhu pada ponsel.

Untuk fitur dynamic overheating app detection bisa mendeteksi penyebab CPU ponsel mengalami overheating. Kemudian fitur one tap to cool down, bisa menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dan mendinginkannya secara cepat.

Sedangkan fitur overheating prevention, langsung menutup aplikasi yang menyebabkan ponsel cepat panas.

  1. Device cooler

Fungsi utama aplikasi ini memang untuk mendinginkan ponsel yang cepat panas. Sebenarnya kinerja device cooler juga sama seperti aplikasi pendingin cpu android lainnya.

Namun selain sebagai pendingin cpu android, aplikasi ini juga dapat membuat kinerja RAM semakin ringan. Aplikasi ini akan mendeteksi penyebab ponsel cepat panas dan memantau besar temperatur ponsel.

Itulah beberapa aplikasi pendingin CPU android yang sangat berguna untuk memantau, mengontrol dan meminimalisir kinerja CPU sehingga dapat mengurangi keluaran panas yang dihasilkan. Aplikasi-aplikasi diatas dapat di download secara gratis di google play atau directori aplikasi android terpercaya.