Sejarah android

Kekurangan Dan Kelebihan Android Yang Perlu Diketahui

Kekurangan Dan Kelebihan Android – Android merupakan sistem operasi berbasis Linux untuk perangkat smartphones yang kini banyak dipakai oleh orang-orang di seluruh dunia.

Banyak sekali vendor pengembang perangkat smartphones yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Mengapa? itu karena Sistem Operasi Android merupakan Sistem Operasi Open Source.

Artinya, siapapun atau lembaga apapun dapat dengan bebas mengubah, menambah vitur dan mendistribusikan Android secara gratis. Untuk lebih memahami apa itu android, silahkan baca artikel saya sebelumnya ya (y)

Baca Juga : Apa Itu Android

Meskipun dikatakan sebagai sistem operasi smartphones yang terbaik, Android juga masih ciptaan manusia. ‘Ya kan memang ciptaan manusia kan?’ =D Bukan begitu, makdusnya adalah Android masih belum bisa dianggap sempurnya.

Android masih memiliki kelebihan dan kekurangan android yang dapat di temukan di sistem operasi besutan Google ini. Meskipun juga android memang memiliki lebih banyak kelebihan dari pada kekurangannya dan google sedang giat-giatnya menutupi kekurangan dari sistem operasi android disetiap updetan terbarunya.

Sehubungan dengan hal itu, maka saya akan memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan android secara umum yang perlu kalian ketahui.

Kekurangan Dan Kelebihan Android

Mari kita mulai dari kelebihan sistem operasi android

Kelebihan sistem operasi android

Kelebihan Sistem Operasi Android

  • Multitasking
Ini merupakan kelebihan utama dari android. Apa itu multitasking? nah anda pasti pernahkan menggunakan laptop, dengan laptap kita bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan contohnya membuka aplikasi windows exsplorer bersamaan dengan google chrome. Itu merupakan kegiatan multitasking.
Multitasking adalah menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam satu perangkat. Dengan kelebihan ini, android dapat menjalankan beberapa aplikasi seperti contohnya mendengarkan lagu sambil membuka facebook.

  • Kemudahan Dalam Notifikasi
Aplikasi-aplikasi chat, game, e-mail atau yang lainnya selalu memberikan notofikasi (pemberitahuan) melalui home screen smartphones. Dengan notofikasi tersebut kita tidak akan terlewatkan informasi-informasi penting seperti SMS, BBM, E-mail, Updetan terbaru dan yang lainnya.

  • Akses Mudah Dengan Jutaan Aplikasi
Kalian yang punya android pasti sudah akrab dengan Play Store, web market khusus Android yang didalamnya terdapat banyak sekali aplikasi-aplikasi Android baik yang gratis ataupun yang berbayar.
Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan ataupun oleh seorang pengembang biasa, Jadi siapapun dapat membagikan aplikasi Androidnya di Play Store tersebut. Sehingga terdapat banyak sekali aplikasi yang tersebar di Play Store untuk menunjung segala kebutuhan smartphone Android anda.

  • Banyak Jenis Pilihan Smartphonesnya
Seperti yang telah saya katakan di artikel saya sebelumnya, terjadi sebuah ‘perang smartphones’ diantara para pembuat perangkat smartphones. Bagaimana dampaknya?
Dampaknya adalah banyak sekali pilihan smartphones berOSkan Android yang tersebar di pasaran. Sehingga kita akan dengan bebas memilih smartphones yang dapat kita sesuaikan dengan kondisi kantong anda saat itu.

  • Banyak Vitur Yang Mumpuni
Android dapat menginstal berbagai macam aplikasi yang disesuaikan dengan kapasitas ROM dan RAMnya. Selain itu, vitur-vitur bawaan dari smartphones juga tak kalah canggihnya. Contohnya adalah vitur Hotspot WiFi Portable, senter, GPS, dan yang lainnya.

Kekurangan Sistem Operasi Android

Kekurangan sistem operasi android
  • Koneksi Internet Terus Menerus
Betul sekali, mengarah pada kelebihan android yang menyajikan kemudahan dalam notifikasi, ternyata dibalik itu terdapat kekurangan yakni membutuhkan koneksi internet terus menerus. Mengapa?
Ya karena notifikasi itu berasal dari aplikasi-aplikasi online seperti chat, game online dan yang lainnya. Jadi Koneksi internet kita akan digunakan terus menerus oleh Android. Tapi tidak perlu khawatir, bagi anda yang sayang quota, anda bisa menonaktifkan data seluler anda di menu setting. Dengan begitu notifikasi dari internet akan otomatis tidak terkirim.

  • Banyak Iklan Di Aplikasi
Jaman sekarang gak ada yang geratisan bray =D Katanya sih emang geratis, tapi pastiujung-ujungnya ada iklan melayang-layang di layar smartphones anda. Mendownload aplikasi di Play Store memang kebanyakan geratis, akan tetapi pasti ada saja iklan yang muncul dan sedikit menggangu penglihatan kita.
Bagaimana cara mengatasinya? gampang, anda tinggal download aplikasi premiumnya B-) tapi karena orang indonesia suka yang geratisan, ya nikmatin aja aplikasi yang isi iklannya. Toh juga tidak terlalu mengganggu kan? 😀

  • Boros baterai
Ini yang sering dikeluhkan oleh beberapa pengguna smartphones berbasis android. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa Android itu boros baterai, padahal itu memang iya =D

Jadi banyak aplikasi latar belakang yang berjalan di sistem operasi android menyebabkan sistem harus bekerja terus menerus. Sehingga baterai harus memompa lebih banyak energi secara berkesinambungan yang menyebabkan borosnya baterai.

Cara mengatasinya? gampang, jangan terlalu banyak menginstal aplikasi yang berjalan di latar belakang. Contohnya : aplikasi louncher, aplikasi hemat baterai, aplikasi anti virus dan yang lainnya. Jangan menghidupkan data seluler, bluetooth, hotspot WiFi, GPS dan Penerima Wifi secara terus menerus.

Namun sekarang, google tengah gencar-gencarnya mengembangkan sistem Android yang hemat baterai di setiap updetean terbarunya. Jadi kalau mau hemat baterai, update OSnya aja, bila perlu HPnya juga di upgrade =))

Sekian dulu artikel saya tentang Kekurangan Dan Kelebihan Android Yang Perlu Diketahui. Selebihnya bila anda ingin menambahkan kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi android, bisa anda ajukan di kolom komentar di bawah ini.

Yaps, nambah ilmu deh. Ilmu tidak baik kalau dipendam sendirian, yuk bagikan ilmunya! cukup dengan share artikel ini di berbagai media sosial di bawah ini. GRATIS looh . . . (y)