Game Online Android Terbaik

Penyebab Utama Android Sering Lemot / Lambat

Penyebab Android Sering Lemot – Pernahkah anda mendapati Android anda makin lama makin lemot atau lambat? Lomot itu dalam artian proses atau kinerja dari Android itu melambat.

Contohnya ketika anda membuka salah satu aplikasi di android, namun membutuhkan waktu loading yang lama sampai akhirnya mau nampak interface aplikasinya. Atau ketika anda menekan tombol beranda (home) pada android yang terlihat pertama bukan interface homescreen tetapi blank atau layar hitam saja yang terlihat duluan.

Kalau sudah begitu artinya smartphones android anda telah memasuki zona lemot. Apa sih dampaknya? ya pasti anda akan membuang-buang waktu anda hanya untuk menunggu aplikasi yang anda buka itu terbuka.

Pertanyaan Tentang Android Anda

Nah sebelum melangkah ke topik utama, saya ingin menanyakan kepada anda tentang HP android yang saat ini anda gunakan. Anda bisa menjawab pertanyaan ini di kolom komentar yang telah saya sediakan di bawah. Berikut pertanyaannya :
  • Apa anda punya smartphones android? (kalau jawabannya tidak, anda bisa tutup artikel ini sekarang =)) )
  • Berapa kapasitas RAM di HP android anda?
  • Berapa banyak aplikasi android yang terinstal selain aplikasi bawaan?
  • Apa saja aplikasi tersebut?
  • Apa anda menggunakan widget pada homescreen?
  • Apa saja widget tersebut?
  •  Apakah memori internal anda hampir full?
  •  Apa anda mulai merasa bahwa HP android anda semakin lemot?

Melihat jawaban anda, saya saja sudah dapat mengetahui penyebab mengapa android anda menjadi lemot.

Penyebab Android Sering Lemot

Beranjak ke topik utama yakni penyebab Android sering lemot, berikut merupakan penyebab android sering lemot secara umum. Diantaranya adalah :

     1.     Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Banyaknya apliksi android

Salah satu kelebihan Android adalah memiliki jutaan aplikasi pihak ketiga yang dapat anda download dan instal secara gratis atau berbayar di playstore untuk meningkatkan kualitas Android anda. Namun dengan banyaknya pilihan yang mungkin, membuat anda ingin memiliki banyak dan banyak lagi setiap aplikasi di playstore.

Hanya sekedar untuk mencoba-coba saja atau memang anda sangat membutuhkan aplikasi tersebut membuat anda tak sadar kalau anda telah menginstal banyak sekali aplikasi di Android anda.
Mengapa Banyaknya aplikasi dapat membuat HP android anda lemot? itu pertanyaan yang mudah sekali. Secara logika, ketika baru pertama kali anda membeli HP Android, pastinya hanya terinstal aplikasi bawaan seperti web-browser, sms, email, musik dan yang lainnya.
Lalu apa ketika itu HP android anda langsung lemot? pasti tidak kan, kalau iya balikin aja ke konter HPnya =)) Ketika masih baru, HP android anda akan sangat lancar tanpa kendala apapun. Namun setelah anda menginstal semakin banyak aplikasi, HP android anda semakin lama akan semakin lemot.

Penyebabnya karena banyaknya RAM dan ROM yang digunakan untuk menampung aplikasi yang anda instal di Android anda.

     2.     Memori Internal Yang Sudah Penuh

MemoriD penuh

Kebanyakan produk smartphones Android saat ini telah memiliki kapasitas internal memory yang cukup besar. Namun untuk smartphones yang masih memiliki memori internal yang kurang, pasti akan lebih cepat mengalami yang namanya HP Lemot.

Selain berisikan aplikasi yang diinstal, pengguna Android juga kebanyakan menempatkan file-file seperti musik, video, foto berkapasitas besar di memori internal Androidnya. Belum lagi beberapa aplikasi seperti aplikasi social media, aplikasi browser akan menghasilkan chache yang lumayan banyak dan akan tersimpan di memori internal juga.

Alhasil, memori internal anda semakin lama akan semakin penuh, dan berakibat semakin lemotnya kinerja smartphones Android anda.

      3.    RAM Yang Tidak Memadai Atau Penuh

RAM di android
RAM merupakan media penyimpanan sementara yang hanya akan digunakan ketika Android dihidupkan. Fungsi RAM sangat vital dalam smartphones androi karena merupakan penyimpanan inti dalam membuka sebuah aplikasi. Tanpa adanya RAM, aplikasi di android tidak akan dapat di buka.
Kapasitas RAM di andorid sangat berfariasi, mulai dari 512Mb, 1Gb, 1.5Gb, dan ada juga yang 2Gb. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat kinerja android.

Beberapa faktor yang dapat membuat RAM menjadi cepat penuh diantaranya adalah :

  • Menggunakan Widget homescreen yang berlebihan
  • Multitasking, yang berlebihan. Artinya menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.
  • Menjalankan Game-game berat
Ketika RAM penuh, maka aplikasi yang kita buka terakhir kali akan tertutup dengan sendirinya. Pernah tidak anda melihat notifikasi “Clash of Clan tidak menanggapi, aplikasi akan tetrtutup secara otomatis” Nah itu artinya RAM anda telah penuh, jadi tidak muat lagi untuk membuka aplikasi.

Cara Mengatasi Android Sering Lemot

Kita telah mengetahui penyebab utama android sering lemot, sekarang bagaimana cara mengatasinya?

Untuk itu anda harus membaca artikel saya selanjutnya tentang “Cara Mengatasi Android Sering Lemot” berikut linknya :

Next Artikel : Cara Mengatasi Android Yang Sering Lemot

Yaps, itulah beberapa Penyebab Utama Android Sering Lemot. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman anda di social media di bawah ini. Dan juga saya tunggu jawaban teman-teman semua dari pertanyaan di atas ya 😉