Menghemat Baterai Android

Cara Tepat Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai Android – Android semakin lama semakin diminati oleh semua kalangan diseluruh dunia. Tak heran kita dapat melihat pengguna android dimana-mana, termasuk anda bukan?
Kita bisa melihat pengguna android sangat banyak di sekitar kita itu karena kecanggihan dan keterjangkauan harga dari android yang disukai oleh para penikmat smartphones. Namun yang menjadi keluhan umum bagi para pengguna android adalah borosnya penggunaan daya pada perangkat.
cara menghemat baterai android
Tak bisa dipungkiri, Sistem Operasi besutan google ini memang memiliki kelemahan pada pemberdayaan baterainya.
Banyak yang mengeluhkan borosnya penggunaan daya baterai pada perangkat android, padahal kapasitas baterai mereka sudah cukup memadai.
Nah untuk menyelesaikan masalah itu, kita akan membahas cara menghemat baterai android yang akan saya rangkum dalam artikel saya kali ini.

Cara Tepat Menghemat Baterai Android

 Kapasitas penyimpanan baterai pada perangkat android secara umum bermacam-macam. Ada yang 1000mAh, 2000mAh, 3200mAh dan masih banyak lagi. Sejatinya, samkin besar kapasitas baterai maka jangka hidup perangkat android semakin lama.
Beberapa hal yang dapat dengan cepat menguras daya baterai perangkat android antara lain :
  1. Penggunaan data seluler (internetan)
  2. Menjalankan aplikasi berat (games)
  3. Mendengarkan music
  4. Kecerahan layar
  5. Aplikasi background
  6. Mengaktifkan bluetoth, GPS, WiFi, Singkronisasi.
  7. Menelfon dll…
Nah jika anda menjalankan ke tujuh hal tersebut secara bersamaan, maka siap-siap baterai anda akan sangat cepat terkuras habis.
Lalu bagaimana cara menghemat baterai android di perangkat anda?
  • Sesuaikan Penggunaan Koneksi Internet
sesuailan koneksi internet
Apa artinya itu? nah menyesuaikan penggunaaan koneksi internet artinya kita dapat mengkondisikan penggunaan koneksi internet dimana kita berada.
Contohnya : kita sedang berada di dalam rumah yang sudah ada koneksi WiFinya, ya kita aktifkan penangkap sinyal WiFi di perangkat kita. Jangan mengaktifkan WiFi sekaligus dengan Data Seluler, meskipun sekarang perangkat sudah semakin canggih sehingga dapat mengaktifkan hanya salah satu dari Wifi dan Data seluler.
Atau juga, kita harus menyesuaikan penggunaan 3G dengan 4G. Jika kita hanya ingin browsing ria di internet atau bermain game online, lebih baik anda menggunakan koneksi jaringan 3G saja yang HSDPA. Karena penggunaan jaringan 4G memaksa perangkat untuk selalu menyetabilkan koneksi jaringannya sehingga penggunaan daya baterai akan semakin besar.
  • Matikan Jika Tak Terpakai
Seperti halnya listrik, semakin kita boros menggunakan lampu yang tak seharusnya dipakai, maka biaya tagihan listrik akan semakin mahal.
 
Begitu juga perangkat android. Terdapat beberapa tool yang dapat dengan cepat menguras daya baterai perangkat anda. Padahal tool tersebut bukan menjadi prioritas alias tidak terlalu berguna atau belum berguna disaatnya.
 
Contoh tool tersebut diantaranya Hotspot WiFi portable, Bluetoth, GPS, WiFi, dan Singkronisasi. Ke lima tool tersebut jika memang tidak terlalu diperlukan, lebih baik anda menonaktifkannya. Dan aktifkan kembali salah satu jika anda membutuhkannya.
 
Matikan juga tool atau aplikasi yang memiliki mode auto atau smart. Seperti auto brightness, smart eye dan yang lainnya.
  • Kurangi Brightness Layar
Layar merupakan salah satu Output dari perangkat smartphones yang banyak memakan daya baterai karena memiliki 2 fungsi, yakni untuk perangkat output layar sekaligus perangkat inpute touchpad.
 
Cahaya yang dipancarkan oleh layar juga sangat mempengaruhi daya baterai android. Biasanya di siang hari, level brighetness akan naikkan levelnya agar kita dapat melihat layar smartphones anda dengan baik.
 
Namun siapa sangka, dengan menaikkan level brightness perangkat akan membuat daya baterai anda cepat habis, apa lagi jika kita menggunakan perangkat kita secara terus menerus.
 
Solusinya adalah dengan menurunkan level brightness dan menyesuaikan dengan kondisi cahaya di luar, jangan menggunakan pelindung layar yang berwarna gelap, matikan tool mode auto brightness pada perangkat.
  • Gunakan Headset
Jika anda ingin mendengarkan musik, menelfon dan atau bermain game, lebih baik anda menggunakan headset untuk menghemat baterai android anda.
Pasalnya, dengan menggunakan headset, daya yang digunakan untuk output suara akan lebih di minimalisir karena hanya membutuhkan output suara yang tidak terlalu keras. Berbeda dengan tanpa headset, anda pasti akan menaikkan volume perangkat smartphones anda agar lebih jelas mendengarkan output suara dari parangkat android anda.
  • Jangan Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi Hemat Baterai
Alih-alih ingin menghemat baterai android dengan banyak menginstal aplikasi penghemat baterai, anda malah akan mengurangi daya baterai dengan cepat.
Beberapa aplikasi penghemat daya baterai android bekerja layaknya satpam penjaga rumah, Dia akan selalu aktif untuk memeriksa seluruh kegiatan yang ada di rumah kita yang akhirnya membuat ia cepat lelah (soalnya melek terus 😀 ). Begitu juga dengan aplikasi penghemat daya, aplikasi akan selalu aktif untuk memeriksa seluruh kinerja yang dilakukan oleh perangkat.
Alhasil, aplikasi akan menggunakan banyak RAM secara terus menerus yang mengakibatkan terkurasnya banyak daya baterai.
Solusinya adalah dengan menguninstal semua aplikasi penghemat daya android. Namun jika anda merasa aplikasi penghemat daya itu cukup berguna bagi perangkat, anda boleh menginstal hanya satu saja aplikasi penghemat baterai.
Itulah beberapa Cara Tepat Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lama yang dapat saya sampaikan di artikel saya kali ini.
Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan share artikel ini di berbagai media sosial di bawah ini. Gratis loh 😉